Pengertian, Jenis-jenis, Bahan, dan Bentuk Magnet

Tags

Pernahkah Anda mendengar kata Magnet? Yups, pasti sering. Benda ini memiliki kemampuan yang unik, yaitu bisa menempel pada benda seperti besi, seng, dll. Dengan kemampuan yang unik tersebut, banyak orang-orang menggunakan benda magnet untuk digunakan sebagai keperluan-keperluan dalam pembuatan sebuah teknologi modern. Sebagai contoh, Speaker-speaker yang dapat mengeluarkan suara itu dihasilkan dengan memanfaatkan kemampuan magnet. Jika Anda tidak percaya, Anda bisa membuka/membongkar speaker dan coba lihat maka Anda akan menemukan benda Magnet. Lalu apa sih Pengertian, Jenis-jenis, Bahan, dan bagaiaman Bentuk-bentuk Magnet?? Berikut adalah penjelasan-penjelasan Magnet sebagai materi Fisika yang Matematika Seru bahas.

1. Pengertian Magnet


Magnet adalah benda yang mempunyai kemampuan unik dimana benda tersebut dapat menarik benda-benda lain yang berada disekitarnya yang memiliki sifat kemagnetan. Seperti Besi, Aluminium, Baja, dll. Magnet sendiri memiliki 2 kutub, yaitu kutub utara dan selatan. Jika ada 2 magnet, lalu kita dekatkan antara kedua magnet tersebut dengan utara dekat utara maka magnet akan bertolak belakang, namun jika utara didekatkan dengan selatan maka keduanya akan tarik menarik. Contoh umumnya, seperti jika laki-laki dinikahkan dengan laki-laki lagi maka akan bertolak, sedangkan laki-laki dengan perempuan akan salaing tarik menarik, kecuali yang tidak normal hehe.

2. Jenis-jenis Magnet


a. Magnet Alam
Merupakan jenis magnet yang sudah memiliki kemampuan menarik benda lain secara alami tanpa ada campur tangan manusia.
b. Magnet Buatan
Merupakan jenis magnet yang dibuat oleh manusia dengan menggunakam bahan magnetik kuat. Contoh kecilnya yaitu seperti jika paku (besi) digesekan dengan magnet, maka paku tersebut akan memiliki kemampuan kemagnetan walaupun daya tariknya kecil. Magnet buatan memiliki 2 macam, yaitu :
  • Magnet Sementara (remanen), yaitu benda magnet buatan yang memiliki kemampuan tarik-menarik atau memiliki sifat kemagnetan yang hanya sementara. Seperti paku yang digesekan dengan magnet, paku tersebut hanya akan memiliki sifat kemagnetan ketika paku tersebut telah digesekan dengan magnet. Namun, kemampuan magnetiknya tidak berlangsung lama.

  • Magnet tetap (Permanen), yaitu benda magnet buatan yang memiliki sifat kemagnetan permanen/bertahan jangka panjang meskipun proses pembuatan sudah dihentikan.


3. Bahan Magnet


Bahan Magnetik dibedakan menjadi 2 macam yaitu :
1. Bahan Magnetik (Feromagnetik)
Yaitu bahan/benda yang dapat ditarik sangat kuat oleh benda magnet. Contohnya : Besi, Baja, Nikpi, dll.

2. Bahan Nonmagnetik
Bahan Nonmagnetik memiliki 2 jenis yaitu :
1. Paramagnetik, adalah bahan yang dapat ditarik oleh magnet namun sangat lemah daya tariknya. Contoh : Aluminium, Magnesium, Wolfram, dll.

2. Plamagnetik, adalah bahan yang tidak bisa ditarik oleh magnet atau ditolak oleh magnet. Contoh : Bismuth, Tembaga, Emas, Perak, dll.

4. Bentuk-bentuk Magnet


Bentuk magnet memiliki 6 variasi, yaitu Silinder, Ladam, Batang, Jarum, Huruf U, dan Keping. Berikut adalah gambar dari bentuk Magnet.


Nah, begitulah sedikit materi Fisika tentang Benda Magnet. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon