7 Tips untuk mendapatkan ranking 1 dikelas (berdasarkan pengamatan)


10 Tips meraih ranking peringkat 1 dikelas (berdasarkan pengamatan) - Siapa sih murid di dunia ini yang tidak ingin meraih ranking peringkat 1 dikelasnya? Sudah pasti mereka menginginkan hal itu. Bukan hanya karena gengsi, memperoleh peringkat 1 dikelas juga suatu perolehan yang dapat membuat Ibu-Bapak kita bangga akan prestasi kita. Sehingga banyak sekali siswa-siswi yang berusaha keras mendapatkan ranking khususnya peringkat 1.

…tapi kebanyakan siswa-siswi tidak memikirkan apa saja sih yang harus dilakukan supaya memperoleh ranking dikelasnya. Mereka hanya berpikir membereskan tugas dan mendapatkan nilai bagus, hanya itu. Sehingga peluang mereka hanya 40% dan tidak sesuai ekspetasi mereka.

Maka dari itu, jika Anda adalah salah satu murid yang menginginkan memperoleh ranking 1 dikelas maka lupakanlah pola berpikir seperti diatas. Anda janganlah berpikir nilai itu segalanya...

…karena itu adalah SALAH!

Sehingga disetiap ulangan semester/ujian banyak siswa-siswi menyontek. Karena mereka itu lebih mementingkan nilai dari pada kejujuran. Namun mereka tidak mengetahui apa saja dampak yang dapat ditimbulkan akan nilai yang dihasilkan oleh menyontek. Jika Anda belum mengetahui dampak besar yang dihasilkan dari menyontek, saya sudah membuat artikelnya. Anda bisa membacanya di Dampak besar menyontekuntuk masa depan yang tidak terpikirkan oleh siswa-siswi diSekolah

Kembali ke Topik...

Apalagi ditahun sekarang, sekolah-sekolah sudah menggunakan kurikulum 2013. Dimana siswa-siswi harus lebih bisa aktif ketimbang guru. Sehingga guru hanya membimbing dan murid yang mengikuti.

Sebenarnya ada beberapa cara yang memungkinkan Anda dapat memperoleh ranking peringkat 1. Cara ini saya dapatkan dari pengamatan saya terhadap orang-orang yang mendapatkan ranking 1 dikelasnya masing-masing. Karena saya juga adalah seorang siswa, tapi sayangnya saya hanya mendapatkan ranking 5 dikelas. Tapi itu membuat saya lebih mengamati lagi apa skill-skill yang dimiliki oleh orang-orang yang mendapatkan ranking 1...

…sehingga berdasarkan pengamatan saya, terdapat 7 Tips untuk mendapatkan ranking 1 dikelas. Berikut adalah tips tersebut...

1. Aktif ketika belajar di kelas


Maksud dari kata aktif disini adalah, Anda jangan hanya memerhatikan guru saja ketika menerangkan. Ini akan membuat guru Anda kurang mengenali Anda. Buatlah guru Anda mengenali Anda dengan cara Anda selalu menjadi orang pertama yang minat akan apa yang ditawarkan guru seperti disuruh membaca suatu teks, mengerjakan soal didepan, ditanya suatu soal, dan pastinya masih banyak lagi.

…mau Anda bisa kek, atau tidak bisa kek tetaplah optimis akan keahlian Anda. Karena sesungguhnya guru yang mengajar akan senang terhadap kita, karena dia akan berpikir bahwa apa yang diterangkannya sangat berguna bagi murid-muridnya.

Maka dari itu dengan menjadikan Anda aktif dikelas, guru akan memberikan nilai tambah kepada Anda.

Jika Anda adalah orangnya pemalu, maka buanglah rasa malu tersebut. Jadikanlah sebuah tantangan bagi Anda. Lalu rubahlah sikap Anda untuk memperoleh ranking 1.

2. Dekati guru Anda


Cara yang kedua ini adalah lanjutan dari cara yang pertama. Setelah Anda aktif di kelas maka selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dekati guru Anda!...

Maksud mendekati guru ini yaitu sering-seringlah bertanya apa saja hal yang berkaitan dengan guru yang mengajar Anda. Seperti tentang materi apa yang diajarkan, selalu menyapa ketika bertemu sambil mencium tangannya, membantu guru ketika kesusahan membawa barang mengajar seperti projektor, bercanda, menjadi KM, dan apa saja deh yang kesannya mendekati guru tersebut.

…karena dengan mendekati guru, secara tidak langsung guru akan lebih menyukai Anda dan tidak menutup kemungkinan guru akan menyayangi Anda juga. Sehingga guru akan lebih memerhatikan nilai Anda ketimbang yang lain.

…maksudnya gimana ini, Mas?

Maksud dari lebih memerhatikan nilai Anda yaitu guru akan memberikan nilai lebih dan tidak akan mungkin memberikan Anda nilai C secara cuma-cuma…

3. Kerjakan tugas tepat waktu


Mengerjakan tugas sekolah adalah kegiatan yang lumrah terjadi. Tugas adalah kewajiban setiap murid di sekolah. Karena dengan tugas dapat mengukur sampai mana keahlian setiap murid...

…namun setiap murid pasti dan selalu ada yang mengerjakan tugas sekolah telat dari hari yang ditentukan. Inilah yang menjadikan faktor berkurangnya nilai. Guru akan memberikan nilai yang bagus kepada murid jika muridnya juga disiplin akan tugasnya.

…maksud disiplin akan tugasnya yaitu, mengerjakan tugas tepat waktu dari hari yang ditentukan. Misal ditentukannya hari kamis harus dikumpulkan, ehh malah hari kamis minggu depan ini namanya tidak disiplin.

Seperti apa yang saya amati, orang-orang yang mengerjakan tugas tepat waktu mereka berpeluang mendapatkan nilai bagus atau A. Karena mereka disiplin, tidak menyusahkan guru untuk memperiksa tugas murid-muridnya supaya 1x tapi jika banyak yang telat akan menyusahkan guru karena harus memperiksa tugas murid-muridnya yang sangat banyak lebih dari 2x...

…jadi Anda bisa berpikir bagaimana capeknya jadi guru.

Sehingga murid-murid yang sering tidak tepat waktu, mereka terkesan sering mendapatkan nilai B. Sehingga kemungkinan Anda mendapatkan ranking 1 itu sangat kecil.

4. Kerjakan semua tugas secara teratur


Disekolah sudah pastinya guru memberikan satu tugas setelah satu tugas yang sebelumnya beres. Setiap semesternya setiap guru sudah mempunya planning tugas apa yang akan diberikan. Biasanya lebih dari 2 atau 3.

Semua tugas tersebut wajib untuk dikerjakan oleh murid, jika tidak maka nilainya akan kurang diraport.

…untuk point yang ini saya sarankan Anda untuk mengerjakan semua tugas yang diberikan guru jangan sampai ada satu tugaspun terlewatkan, karena dengan keutuhan nilai akan mengantarkan Anda berpeluang mendapatkan perolehan ranking 1 jika Anda juga melaksanakan point-point diatas yang saya sarankan.

5. Mengikuti Ekstrakurikuller


Untuk point yang satu ini saya tidak mewajibkan, karena dengan mengikuti ekstrakuriller tidak berpengaruh sangat untuk memperoleh ranking. Namun terkadang ada juga siswa yang memperoleh ranking dengan tidak mengikuti ekstrakurikuller. Itu tergantung setiap sekolah yang Anda tempati.

…dengan mengikuti kegiatan ekstrakurkuller, biasanya akan mendapatkan nilai tambah terhadap nilai raport namun itu tergantung.

Sehingga Anda bisa memilih mengikuti ekstrakurikuller atau tidak, itu tergantung Anda...

6. Rajin Sekolah


Rajin sekolah adalah point yang sangat penting. Dengan kita rajin sekolah, akan membuat kita tidak ketinggalan pelajaran, dan juga tidak ketinggalan tugas sekolah. Karena terkadang guru juga memberikan tugas hampir setiap pertemuan...

…ini juga adalah faktor penting supaya Anda memperoleh ranking satu dikelas. Sayapun memiliki teman yang masuk ranking 1 sampai 3 mereka semua rajin sekolah.

Jika Anda selalu bolos, ini sudah dipastikan Anda ketinggalan materi dan tugas yang disampaikan guru. Walaupun Anda pintar dan aktid tapi Anda bolos, jangan harap Anda bisa masuk ranking 1, ranking 10 juga enggak mungkin.

Jadi, dengan rajin sekolah kita tidak akan ketinggalan materi, tugas, dan juga mungkin mempermudah Anda dalam pembagian raport karena biasanya yang sering bolos raportnya sering ditangguhkan.

7. Memahami kembali materi-materi yang disampaikan


Guru setiap hari menyampaikan beberapa materi, dan kita mengkajinya. Namun terkadang kita hanya mengerti ketika guru menyampaikan, seterusnya kita lupa...

…nah untuk mencegah itu, saya sarankan Anda untuk memahami kembali materi-materi yang disampaikan selepas pulang kerumah. Karena dengan memahami kembali materi yang disampaikan akan membuat Anda lebih aktif di kelas.

Kenapa?

Karena Anda akan menjadi murid yang lebih tahu dari murid-murid lainnya tentang materi yang disampaikan. Jadi, ketika guru bertanya jangan sungkan-sungkanlah untuk menjawab.

Dengan sering memahami materi, tidak menutup kemungkinan mempermudah Anda mengerjakan soal Ulangan semester/Ujian. Sehingga Anda mendapatkan nilai bagus akan kejujuran.

Sebenarnya sekolah itu alur ceritanya seperti game, dimana kita harus menamatkannya dengan menggunakan cara yang ditentukan.

…maksud dari cara yang ditentukan yaitu tugas dan perintah guru yang harus kita lakukan untuk melewati tantangan supaya menuju tantang baru.

Mungkin begitulah beberapa Tips dari saya supaya mendapatkan ranking 1 dikelas. Sebenarnya masih banyak lagi tipsnya namun saya lupa. Jadi mohon maaf atas kekurangannya.

…semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon